Action Script in Flash


Kenalan dengan Action Script 2.0
pada Flash MX 2004 yuk!
Macromedia Flash adalah sebuah software animasi yang sekarang menjadi software favorit para
web designer untuk membuat webnya terlihat dinamis dan lebih atraktif. Bahkan sekarang Flash
digunakan untuk berbagai keperluan, diantaranya untuk presentasi, proposal modern, e-card, game
dll. Tutorial ini ditujukan untuk para designer yang sudah mengenal flash dan ingin mengeksplorasi
kehebatan flash, bagi yang masih pemula anda bisa mendownload ‘Tutorial Flash MX Bagi Pemula’,
tutorial bagus dari Yanis Oktri Pranita.
“Mengapa menggunakan Action Script 2.0, apa manfaatnya?”, Action Script 2.0 dirancang
untuk memudahkan programmer untuk membuat aplikasi berbasis flash, keuntungannya antara lain
adalah untuk system navigasi pada suatu situs atau presentasi, menghemat ukuran file, membuat halhal
yang bersifat interaktif. Agar lebih terasa keuntungannya anda dapat mencoba membuat aplikasi
yang penulis berikan. Penulis memberikan contoh aplikasi yang tidak langsung mengarah pada
contoh-contoh flash yang sudah ada, hal ini sengaja dirancang agar pembaca terangsang untuk
membuat sebuah aplikasi yang memang hasil dari kreatifitas sendiri.
Oke, capek penulis berbahasa formal, sekarang langsung aja kita first blood lho!?!, maksudnya
kita langsung ke pelajaran pertama, yatu pengenalan action script 2.0, jangan lupa sediakan es susu
putih, camilan, dan lagu-lagu kesayangan anda, untuk menambah kreatifitas dan konsentrasi
(setidaknya bekerja pada penulis, terkadang sampai jongkok di depan komputer kalo ide gak datengdateng
hohoho).
1. Action Script 2.0, Siap!!
Kalo anda sudah pernah bermain-main dengan javascript atau setidaknya sudah kenalan dengan
javascript ( ketemu di jalan ato di kampus hohoho), penulis yakin anda tidak akan terlalu susah
memahami action script, tapi kalo belum pernah pdkt dengan javascript, penulis yakin anda juga bisa
karena action script tidak terlalu sulit untuk dipahami, nanti penulis kenalin, tenang aja.
“Nah, sekarang dimana kita ngetik action scriptnya?”, pertanyaan yang bagus, klik window
kemudian pilih development tools lalu Actions atau tekan F9. Sekarang udah keluar jendela Actions,
sekarang masuk teori yang biasanya bikin pembaca ngantuk (saran dari penulis buat ngatasin
ngantuk : jongkok! ).
Lisensi Dokumen:
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
Seluruh dokumen di IlmuKomputer.Com dapat digunakan, dimodifikasi dan
disebarkan secara bebas untuk tujuan bukan komersial (nonprofit), dengan syarat
tidak menghapus atau merubah atribut penulis dan pernyataan copyright yang
disertakan dalam setiap dokumen. Tidak diperbolehkan melakukan penulisan ulang,
kecuali telah mendapatkan ijin terlebih dahulu dari IlmuKomputer.Com.
Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
10
1.1 Tipe Data dan Variabel
Tipe Data Keterangan
String Tipe data yang berupa kumpulan huruf, angka, atau symbol.
Number Tipe data yang berupa angka.
Boolean Tipe data yang berupa nilai yang berisi true(1) atau false(0).
Object Kumpulan dari berbagai properties.
Movie Clip Movie Clip adalah symbol untuk menghandle animasi, tipe data ini
hanya mengacu ke elment berupa grafik.
Null Tipe data Null hanya memiliki satu nilai yaitu null,biasanya
digunakan untuk mendefinisikan data yang belum terisi.
Undefined Tipe data Null hanya memiliki satu nilai yaitu undefined.
Variabel adalah suatu penampung data, contoh misal si kingkong(nama disamarkan) baru
nyolong duren dari pohon tetangganya (misal doang!!), eh tiba-tiba pemilik durennya keluar rumah,
trus kingkong panik mau nyimpen dimana, , karena saking bingungnya, tuh duren di masukin ke
kaos kutangnya. Nah berarti kaos kutang tersebut adalah sebuah variabel dan datanya adalah duren.
Penulisan variable ada aturannya juga, diantaranya :
• Tidak boleh menggunakan variabel yang sama dengan keyword atau literal dari Action Script
sendiri, contoh true,false, null, dll.
• Variabel harus unik, artinya nama variabel yang satu harus beda dengan nama variabel yang
lainnya, contoh kingkong1, kingkong2.
1.2 Operator
Operator digunakan untuk memanipulasi variabel.
Macam-macam operator :
Operator Keterangan
+ Penambahan
– Pengurangan
~ Bitwise NOT
! Logical NOT
Not Logical NOT (Flash 4 style)
++ Post-increment
— Post-decrement
( ) Function call
[ ] Array element
. Structure member
Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
11
++ Pre-increment
— Pre-decrement
New Allocate object
Delete Deallocate object
Typeof Type of object
Void Returns undefined value
* Multiply
/ Divide
% Modulo
+ Add
Add String concatenation (formerly &)
– Subtract
<< Bitwise left shift
>> Bitwise right shift
>>> Bitwise right shift (unsigned)
< Less than
<= Less than or equal to
> Greater than
>= Greater than or equal to
Instanceof Instance of
Lt Less than (string version)
Le Less than or equal to (string version)
Gt Greater than (string version)
Ge Greater than or equal to (string version)
== Equal
!= Not equal
Eq Equal (string version)
Ne Not equal (string version)
& Bitwise AND
^ Bitwise XOR
Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
12
| Bitwise OR
&& Logical AND
And Logical AND (Flash 4)
|| Logical OR
Or Logical OR (Flash 4)
?: Conditional
= Assignment
*=, /=, %=, +=, -=, &=, |=, ^=, <<=,
>>=, >>>=
Compound assignment
, Comma
“Wah banyak amat ya!!”, tenang itu cuma bikin anda keki doang hohoho , nah selanjutnya lebih
seru. So don’t let it be..
2. Aplikasi Penggunaan Action Script
Kita akan mencoba membuat aplikasi yang sederhana dulu yaitu membuat aplikasi sang kodok.
“Apaan tuh? aneh amat namanya”, iya penulis juga bingung mau di kasih nama apa, yang penting
kita coba dulu, okeh!.
2.1 Sang Kodok
Pada frame 1 buatlah seperti berikut :
Kemudian buat mata kiri sang kodok menjadi tombol dengan cara :
1. Klik dua kali mata kiri sang kodok sampai terseleksi.
2. Klik kanan, pilih convert to symbol, pilih button.
Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
13
3. Klik mata kiri sang kodok yang sudah jadi tombol, kemudian tekan F9 untuk mengetikan
Action Script kita.
4. Ketikkan scriptnya seperti berikut :
on (release) {
gotoAndStop(2);
}
Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
14
Pada frame 2 buatlah seperti berikut :
Buatlah tombol untuk mata kanan sang kodok, sama seperti pembuatan tombol pada mata kiri
sang kodok. Namun scriptnya :
on (release){
gotoAndStop(1);
}
Kemudian buat layer baru , pada frame satu masukkan scriptnya :
stop();
Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
15
Tekan control + enter, nah sekarang matanya boleh di pencet-pencet. “Wah iya sekarang bisa
pindah-pindah frame, keren !!, tapi gak ngerti nih maksud dari scriptnya?”. Tenang-tenang semua
bisa diatur, oke sekarang penulis jelaskan arti scriptnya.
on (release) {
gotoAndStop(2);
}
Maksud dari script diatas adalah :
– on(release) adalah syntax untuk menjalankan perintah selanjutnya ketika tombol di tekan
kemudian di lepas.
– gotoAndStop(2) adalah syntax untuk menghandle timeline agar menunjuk ke frame 2 dan
berhenti di frame 2.
Bagaimana gampang kan, “Nah terus maksud bikin script stop() di layer baru itu apa?”, yang itu
maksudnya adalah ketika pertama kali kita panggil .swf-nya, timeline akan berhenti di frame satu,
sampai menunggu user mengklik mata sang kodok.
“Selain on release ada yang lain gak?”, Oo ada jangan takut, ada lumayan banyak kok. Nih,..
• Press, perintah dijalankan ketika kita menekan tombol.
• Release, perintah dijalankan ketika tombol ditekan kemudian di lepas pada area tombol.
• releaseOutside, perintah dijalankan ketika tombol ditekan kemudian dilepas di luar area
tombol.
• rollout, perintah dijalankan ketika pointer mouse tidak berada pada area tombol.
• rollover, perintah dijalankan ketika pointer mouse berada di atas area tombol.
• dragOut, perintah diajalankan ketika sudah menekan tombol kemudian ditahan keluar area
tombol.
• dragOver, perintah diajalankan ketika sudah menekan tombol kemudian ditahan keluar area
tombol kemudian di bawa ke area tombol lagi.
Nah, sekarang sudah bisa bikin tombol untuk aplikasi sang kodok, sudah terpikirkah aplikasi
yang menyerupai aplikasi sang kodok?, pasti sudah!!, maka sekarang kita akan menuju ke tingkat
lebih seru, yaitu aplikasi penambahan dan penduplikatan movie clip.
2.2 Sang Kodok Beranak
“Tuh kan aneh lagi namanya”, bodo amat!!
Langsung aja, di frame 1 buat seperti berikut :
Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
16
Dengan keterangan sebagai berikut :
1. Buat sang kodok menjadi movie clip dengan cara blok sang kodok lalu klik kanan, convert to
symbol dan pilih movie clip
2. Buat inputan untuk jumlah anak sang kodok, pilih text tools lalu pilih propertiesnya input
text, kemudian namakam instante-nya sebagai inputkodok.
Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
17
3. Buat tombol enter, caranya sama seperti membuat tombol-tombol sebelumnya,
Isikan scriptnya seperti berikut :
on(release){
jumlah=_root.inputkodok.text;
for(i=1;i<=jumlah;i++)
{
duplicateMovieClip(“sangkodok”,”sangkodok”+i,i);
setProperty(“sangkodok”+i,_x,random(500));
setProperty(“sangkodok”+i,_y,random(300));
setProperty(“sangkodok”+i,_xscale,60);
setProperty(“sangkodok”+i,_yscale,50);
}
}
4. Sekarang jalankan aplikasinya, tekan control+enter, masukkan banyaknya anak sang kodok
semau anda kemudian tekan tombol enter, misal 10 maka hasilnya akan seperti ini :
Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
18
“Yoi…yoi.. anaknya jadi banyak, gile menteb bet!!!, tapi jelasin dong scriptnya?”, oke kita
langsung ke scriptnya :
– On (release) digunakan untuk memanggil perintah selanjutnya setelah tombol ditekan
kemudian dilepas.
– Jumlah=_root.inputkodok.text, ini berarti variable jumlah menampung data dari inputan.
_root.inputkodok.text berarti mengambil masukkan data dari user, dimana inputkodok
berada di parent(_root).
– for(i=1;i<=jumlah;i++) adalah syntax untuk looping dari i=1 sampai i kurang dari sama
dengan jumlah.
– duplicateMovieClip(“sangkodok”,”sangkodok”+i,i) adalah syntax untuk memperbanyak
movieclip sangkodok, dan nama duplikatannya adalah sangkodok+i dimana nilai i selalu
berubah. Untuk i yang terakhir adalah untuk meletakkan movieclip ditingkat kedalaman
sebesar i.
– setProperty(“sangkodok”+i,_x,random(500)) adalah syntax untuk mengubah nilai property
letak movie clip sangkodok+i pada sumbu x sebesar nilai random (500) yang berarti
kemungkinan akan berada pada sumbu x sekitar 0-499.
– setProperty(“sangkodok”+i,_y,random(300)) adalah syntax untuk mengubah nilai property
letak movie clip sangkodok+i pada sumbu y sebesar nilai random (300) yang berarti
kemungkinan akan berada pada sumbu y sekitar 0-299.
– setProperty(“sangkodok”+i,_xscale,60) adalah syntax untuk mengubah nilai property ukuran
skala movie clip sangkodok+i secara horizontal sebesar 60.
– setProperty(“sangkodok”+i,_yscale,50) adalah syntax untuk mengubah nilai property ukuran
skala movie clip sangkodok+i secara vertikal sebesar 50.
“Ooo gitu doang ya, trus property yang lainnya dong?”
Kuliah Pengantar IlmuKomputer.Com
Copyright © 2003-2006 IlmuKomputer.Com
19
Property Keterangan
_alpha Menentukan nilai tansparansi (1-100)
_focusrect Mengakibatkaan kotak kuning akan muncul saat menekan tombol
navigasi (true/false)
_height Mengubah tinggi movieclip
_highquality Mengubah anti aliasing pada movie clip(0,1,2).
_name Memberi nama baru.
_quality Mengubah anti aliasing pada movie clip(low,medium,best)
_rotation Merotasi/memutar movie clip.
_soundbuftime Menge-set seberapa lama movie clip akan memulai streaming
sound.
_x Mengubah posisi movie clip searah sumbu x.
_xscale Mengubah dimensi movie clip secara horizontal.
_y Mengubah posisi movie clip searah sumbu y.
_yscale Mengubah dimensi movie clip secara vertikal.
Bagaimana lebih cepat kan apabila kita menggunakan Action Script untuk menduplikatkan
movie clip, dibanding menggambar satu-satu. Sekarang gimana kalo anda coba property-property di
atas sendiri, ingat practice make perfect, cobalah terus menerus pantang menyerah.
Demikian artikel dari saya semoga artikel yang saya tulis bisa merangsang para pembaca untuk
lebih berkreatifitas. Terima kasih atas perhatian anda, kalau ada yang ingin ditanyakan silahkan
hubungi penulis di don’t_let_it_be@yahoo.com, kritik atau sarannya juga di tunggu.
Bahan Acuan :
– Macromedia Flash MX Help.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s